IBX5980432E7F390 Rahasia menciptakan Rempeyek yang Renyah dan Nikmat - Serhamo - Resep Masakan Sederhana , Resep Masakan Harian Dan Resep Hari Ini

Rahasia menciptakan Rempeyek yang Renyah dan Nikmat

resepmasakan.serhamo - Menikmati nasi pecel, tidak afdol rasanya kalau tidk dibarengi dengan rempeyek yang renyah dan nikmat. Selain itu, rempeyek juga mampu menjadi cemilan atau sahabat makan pengganti krupuk. Rempeyek biasa dibuat dari adonan tepung yang dipadukan dengan bumbu pilihan serta bahan campuran sesuai selera, kemudian digoreng pada wajan dan minyak panas sampai kering. materi adonan yang biasa dipakai dalam rempeyek, antara lain : kacang tanah, kacang kedelai, udang, teri, udang rebon, dan lain sebagainya. Meski terlihat mudah, namun sayangnya tak semua orang berhasil menciptakan rempeyek yang renyah dan nikmat. Bahkan beberapa orang mengeluh jikalau rempeyek buatannya keras, simpel melempem, tidak renyah, dan masih banyak keluhan lainnya.

Untuk bisa menikmati rempeyek memang tidak sulit, karena saat ini banyak warung atau penjual makanan yang menyediakan rempeyek dalam kemasan plastik. Meski begitu, alangkah hebatnya jika Anda mampu membuat sendiri rempeyek yang nikmat untuk keluarga tercinta. Ingin tahu Caranya? Simak rahasia membuat Rempeyek yang Renyah dan Nikmat, berikut ini :

Gunakan tepung beras yang berkualitas

Untuk menciptakan rempeyek yang renyah dan nikmat, pastikan Anda gunakan tepung beras yang berkualitas. Selain itu, anda juga mampu menambahkan tepung tapioka biar tekstur rempeyek tidak terlalu agresif.

Tambahkan bahan pengempuk

Agar rempeyek buatan Anda memiliki tekstur yang renyah namun empuk (tidak alot, keras, atau agresif), Anda mampu menambahkan bahan-bahan pengempuk alami, contohnya : kemiri, telur, air kapur sirih, daun jeruk, dan lain sebagainya.

Kekentalan adonan yang tepat

Salah satu penentu rempeyek renyah atau kerasnya bisa dilihat dari kekentalan adonan. semoga rempeyek renyah tapi tetap empuk, pastikan buat adonan yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.

Gunakan wajan yang tepat

Wajan yang dipakai untuk menciptakan rempeyek haruslah tepat semoga risikonya juga lebih optimal. Pilih wajan yang cekung dan pastinya tidak lengket dikala digunakan.

Gunakan minyak yang banyak

Agar rempeyek mampu matang tepat dan renyah, pastikan Anda menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak. Siram-siram rempeyek yang melekat pada wajan, pasti akan lepas sendiri dari wajan.

Resep Rempeyek yang renyah dan nikmat

Bumbu-bumbu yang diperlukan :

350 gr Tepung beras
50 gr Tepung tapioca
250 cc santan kelapa
300 gr kacang tanah, Iris-iris
1 butir telur
1 sendok makan air kapur sirih 
5 lembar daun jeruk, buang tangkainya dan iris tipis 
Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

4 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar 
Garam secukupnya

Cara membuat Rempeyek

Campurkan bumbu halus, telur ayam, dan air kapur sirih. Aduk-aduk hingga merata
Masukkan kacang tanah, tepung beras, tepung tapioka,air, santan dan irisan daun jeruk. Aduk-aduk sampai merata.
Panaskan minyak goreng. Gunakan sendok dan tuang memutari wajan hingga membentuk lapisan tipis. Goreng dalam api sedang hingga matang dan kering kecoklatan.
Rempeyek yang renyah dan nikmat siap disimpan dalam toples dikala sudah cuek.

Baca Artikel Keren Lainnya

RESEP AYAM GORENG CABAI HIJAU

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Rahasia menciptakan Rempeyek yang Renyah dan Nikmat"

Posting Komentar