IBX5980432E7F390 Cara membuat Kunyit abu Sendiri di Rumah dengan praktis - Serhamo - Resep Masakan Sederhana , Resep Masakan Harian Dan Resep Hari Ini

Cara membuat Kunyit abu Sendiri di Rumah dengan praktis

Kunyit memang tidak terlalu sering dipakai sebagai bumbu, tidak seolah-olah bawang dan cabe yang hampir eksis dalam setiap masakan.

Namun, kunyit juga memiliki peranan penting terutama untuk pembuatan bumbu kuning.

Nah, dalam post kali ini kita akan membahas bagaimana mengolah kunyit supaya kekal dan Praktis dipakai kapan saja, adalah menjadi kunyit bubuk.
cara membuat kunyit abu sendiri di rumah
Kunyit abu memang sudah banyak beredar di pasaran, meskipun belum banyak brand yang memproduksinya.

Kadangkala juga kita kesusahan mencarinya, lantaran memang kebutuhan akan kunyit tidak seluas bumbu-bumbu yang lain.

Kunyit segar mampu didapatkan dengan praktis dan relatif murah di pasar-pasar tradisional.

Karena kebutuhannya yang tidak terlalu banyak, tak jarang sisa kunyit yang kita beli berakhir di tempat sampah lantaran membusuk atau mengering.

Sayang bukan?

Daripada dibuang dan mubazir, mendingan diolah sekalian menjadi kunyit abu sehingga mampu bertahan lebih lama dan juga Mudah untuk digunakan kapan saja.

Jadi belinya yang banyak sekalian, untuk lalu kita olah dan mampu digunakan kapan saja.

Oh ya, barangkali ada diantara pembaca yang kepikiran untuk membuat kunyit bubuk dan menjadikannya perjuangan sampingan?

Lumayan bukan? Selain memenuhi kebutuhan pribadi juga bisa menjadi penghasilan perhiasan.

Yuk simak, seakan-akan apa Tutorial menciptakannya.

Bahan-Bahan

  • 500 gr kunyit

Cara menciptakan Kunyit debu Sendiri di Rumah

Simak: Cara menciptakan Bawang Putih abu Sendiri di Rumah
  1. Bersihkan dan basuh kunyit hingga higienis. Tiriskan dan supayakan mengering dengan Tutorial diangin-anginkan.
  2. Iris-iris kunyit setipis mungkin, semakin tipis maka kunyit akan semakin cepat kering. Oh ya, kunyit tidak perlu dikupas satu per satu karena akan merepotkan. Begitu dibersihkan, pribadi iris saja.
  3. Jemur kunyit hingga kering betul. usangnya waktu penjemuran bergantung pada teriknya sinar matahari dan juga tebal atau tipisnya irisan. kalau cukup tipis dan sinar mentarinya terik, biasanya dua atau tiga hari juga sudah kering.
  4. Irisan kunyit yang sudah kering selanjutnya disangrai diatas api sangat kecil. lama waktu menyangrai mampu bervariasi, tetapi biasanya dalam waktu 1 jam kunyit sudah kering dan 'matang'.
  5. Untuk menghaluskannya, kunyit yang sudah disangrai mampu dihaluskan dengan Tutorial diblender memakai gilingan kering. Selanjutnya kunyit diayak menggunakan ayakan tepung, dan sisa ayakannya mampu diblender lagi biar halus.
  6. Kunyit yang sudah halus mampu disangrai kembali untuk mengurangi kadar airnya. Akan tetapi jikalau malas, sampai tahap ini pun bekerjsama sudah cukup. Kunyit debu mampu langsung dipakai atau bisa juga disimpan untuk dipakai sewaktu-waktu.
  7. Simpanlah kunyit debu dalam wadah tertutup rapat supaya lebih kekal.
Simak: Cara membuat Saus Sambal Sendiri di Rumah

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Cara membuat Kunyit abu Sendiri di Rumah dengan praktis"

Posting Komentar