IBX5980432E7F390 Resep Onde-Onde Kacang Hijau Istimewa - Serhamo - Resep Masakan Sederhana , Resep Masakan Harian Dan Resep Hari Ini

Resep Onde-Onde Kacang Hijau Istimewa

Resep Onde-Onde - Jajanan tradisional yang populer dengan bentuknya yang bulat di kelilingi wijen serta isinya yang manis buket menjadi primadona penikmatnya. Onde-onde sangat mudah di dapat di pasar-pasar tradisional ataupun stan-stan jajanan tradisional serta penjual kaki lima. Onde-onde juga dikenal sebagai kue macho.

Sedikit cerita, pernah kami jumpai ada seorang turis yang membeli onde-onde dan memakannya didekat kami. Ketika dy makan onde-onde sambil dilihat bentuk dari onde-onde tersebut, kemudian tanya ke guide nya ini makanan apa dan biji-biji ini di tempel satu per satu ke tepungnya? kami yang mendengarnya sedikit tersenyum, ternyata turis juga bisa kagum sama makanan asli Indonesia.

Turis saja pengin tahu apa itu onde-onde dan bagaimana membuatnya, masa kita kalah ngga tau apa itu onde-onde dan bagaimana membuatnya. Sekarang kami akan sedikit menerangkan apa itu onde-onde. Onde-onde merupakan sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit.Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.

Onde-onde terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal merupakan onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.

Rasa onde-onde manis dan guring serta empuk. Kandungan gizi dari onde-onde tentu ada. Dari bahannya sudah kelihatan kalau onde-onde itu jajanan sehat tanpa bahan pengawet. Bagi anda yang bosan dengan isi onde-onde, anda dapat menggantinya dengan isi sesuai selera anda. 

Onde-onde sangat cocok disajikan dalam segala acara seperti arisan, hajatan, atau sekedar sajian untuk tamu di rumah dan saat anda bersantai. Onde-onde paling nikmat di makan dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat di pagi dan sore hari.

Dari pada anda bersantai bingung mau ngapain dirumah, mending bikin jajanan enak untuk keluarga. Membuat Onde-onde sendiri itu madah dan bisa dijamin kehigienisannya. kamu juga dapat membuatnya sesuai selera anda, serta dapat mengetahui kualitas bahan-bahan yang anda gunakan.

Di dalam artikel ini, setelah sebelumnya kami memberikan anda Resep Jamu Kunyit Asam di https://resepmasakan.serhamo.net/ sekarang kami akan berbagi Resep Onde-Onde dengan isi kacang hijau yang manis dan enak untuk anda. Silahkan simak terus resep berikut ini. 

 Jajanan tradisional yang populer dengan bentuknya yang bulat di kelilingi wijen serta isi Resep Onde-Onde Kacang Hijau Istimewa
Resep Onde-Onde

Bahan Onde-Onde :

  1. 200 gram kacang hijau kupas, rendam 3 jam 
  2. 175 gram gula pasir   
  3. 1 lembar daun pandan   
  4. 75 mililiter santan kental 
  5. ¼ sendok teh garam

Bahan Biang :

  1. 2 sendok makan tepung kanji 
  2. 7 mililiter air 

Bahan Kulit Onde-Onde :

  1. 175 mililiter air 
  2. 75 gram gula pasir 
  3. ¼ sendok teh garam 
  4. 300 gram tepung ketan

Bahan Pelengkap Onde-Onde : 

  1. 100 gram wijen   
  2. Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Onde-Onde :

  1. Isi : Kukus kacang hijau selama 1 jam hingga matang. Tuang ke wajan antilengket, tambahkan gula pasir, daun pandan, santan, dan garam. Masak sambil diaduk hingga adonan dapat dipulung.
  2. Biang : Aduk bahan biang, lalu masak sambil diaduk hingga meletup-letup.
  3. Kulit : Didihkan air, gula, dan garam, lalu masukkan ke dalam tepung ketan, aduk rata. Masukkan biang sambil diuleni hingga kalis. Bagi adonan kulit menjadi 40 bagian. Bagi juga adonan isi 40 bagian.
  4. Pipihkan adonan kulit lalu tambahkan isi, bulatkan.
  5. Celup bulatan kue ke dalam air lalu gulingkan ke wijen. Goreng dalam minyak dingin, setelah terapung, besarkan sedikit apinya. Angkat setelah kue berwarna kuning kecokelatan.
Untuk 40 buah.

Tips :

  1. Gunakan api kecil saat memasukkan kue. Saat kue setengah terapung, besarkan sedikit apinya agar mengembang dan kue tidak meletus.
  2. Setelah kue macho atau onde-onde terapung, goreng sambil ditekan-tekan agar mengembang.
  3. Buatlah isi kacang hijau sehari sebelum membuat kue agar isian lebih keras dan mudah dibentuk. 
Onde-onde juga dapat anda jadikan sebagai peluang bisnis kuliner yang menjanjikan karena banyak peminatnya. Demikian Cara Membuat dan Resep Onde-Onde isi kacang hijau dari kami. Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Resep Onde-Onde Kacang Hijau Istimewa"

Posting Komentar