IBX5980432E7F390 Resep Kreatif Opor Ayam Kuning Pilihan Bunda - Serhamo - Resep Masakan Sederhana , Resep Masakan Harian Dan Resep Hari Ini

Resep Kreatif Opor Ayam Kuning Pilihan Bunda

Resep opor ayam kuning jawa sederhana menjadi pilihan bunda di hari Idulfitri Tahun 2018 atau bertepatan pada 1 Syawal tahun 1439 H (Hijriyah). Tidak pernah ditulis di buku catatan siapa pun mungkin bahwasannya kuliner opor ayam menjadi sajian wajib. Tetapi nyatanya ada yang kurang gitu tatkala di meja makan gak ada yang satu ini. Kuliner rumahan ini sudah sepertir tradisi di tiap hari raya. Saya sendiri klo budhe dan padhe tiba selalu pingin masak sajian kesukaan mereka ini. Bagi belum dewasa atau dewasa, semuanya merasa pas dan suka menyantapnya. 

 menjadi pilihan bunda di hari Idulfitri Tahun  RESEP KREATIF OPOR AYAM KUNING PILIHAN BUNDA

Ciri khas dari tampilan kuliner opor adalah warna kuahnya yang kuning. Hal tersebut sebab bumbu kunyit yang kita haluskan. Santannya yang kental juga menimbulkan rasa dari kuliner opor semakin lezat. Akan lebih baik, kami sarankan bunda biar menggunakan santan alami atau dari perasan kelapa yang sudah tua. Meskipun bila mana agak terpaksa ya gak apa-apa... Untuk materi dasarnya paling anggun bila pilih menggunakan ayam jawa atau kampung. Karena memang dagingnya punya kualitas rasa yang beda dengan ayam jenis lainnya. Dalam menyajikannya nanti, usahakan masih hangat dan nasi putih pun belum dingin. Klo pake ketupat tentu tidak harus hangat. Hehehe.. tentunya klo sudah masak dan matang lho, aku yakin ini bunda kan masih baca resep dulu. Jika menginginkan rasa yang pedas, cukup iris-iris cabai rawitnya untuk ditambahkan. Bisa pula dengan dijadikan lalapan cabenya. Atau juga menggunakan sambal. Bawang goreng juga jangan lupa ditaburkan di atasnya. Oke, yuk bantu-membantu kita lihat uraian resepnya berikut.

RESEP OPOR AYAM KUNING LEZAT

Bahan-bahan untuk menciptakan opor ayam enak :
- Kentang 2 buah, kupas kemudian belah menjadi 4 serpihan dan basuh bersih,
- Daging ayam 1/2 kg potong-potong kemudian basuh bersih, sesudah itu lumuri selama 15 menit dengan air perasan jeruk nipis 1 buah,
- Kelapa 250 gram, parut dan buat santan hingga 700 ml
- Serai 2 batang, geprek
- Daun salam 2 lembar
- Kaldu bubuk 1/2 sendok teh
- Gula pasir 1 sendok teh
- Garam 1 sendok teh
- Lada bubuk/ merica 1 sendok teh
- Bawang goreng secukupnya, sebagai taburan
- Minyak goreng 5 sendok makan, untuk menumis


Bumbu yang di haluskan:
– Bawang merah 6 butir
– Kemiri 4 butir
– Bawang putih 4 siung
– Kunyit 20 cm
– Jinten 1/2 sendok teh
– Lengkuas 4 cm
– Ketumbar 1 sendok makan

Cara Membuat Spesial Opor Ayam Bumbu Kuning Lezat :
1. Langkah yang pertama kita panaskan minyak goreng kemudian tumis daun salam, bumbu halus dan serai. Lantas aduk-aduklah hingga tercampur rata dan wangi. Setelah itu masukkanlah potongan ayam, aduk-aduk serta masak hingga berubah warna.
2. Kemudian kita siapkan santannya.  Kemudian tuangkan santan, lantas aduk terus supaya santan tak pecah kemudian masukkan kentang serta tambahkan gula pasir, kaldu bubuk, merica dan garam. 
3. Kemudian masaklah hingga matang dan hingga tekstur daging ayamnya empuk. Sekali dua kali kita aduk-aduk supaya santannya tidak pecah.
4. Terakhir, kita angkat dan siap untuk kita sajikan opor ayam Istimewa bumbu kuning. Jangan lupa ketupat atau nasi putih hangatnya kita sertakan dalam penyajiannya. Selamat untuk menikmati.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru:

0 Komentar Untuk "Resep Kreatif Opor Ayam Kuning Pilihan Bunda"

Posting Komentar